Pages

Kamis, 01 Agustus 2024

Cara Sederhana Yang Bisa Dilakukan Untuk Palestina Merdeka

Assalamualaikum,

Alhamdulillah, tinggal beberapa hari lagi Indonesia siap merayakan HUT Kemerdekaan yang ke 79. Begitu banyak pengorbanan dan perjuangan para pahlawan kita saat itu demi membela tanah air. Merdeka, itulah yang dinanti-nantikan rakyat Indonesia selama beratus-ratus tahun lamanya. Kini, saatnya kita generasi muda melanjutkan semangat para pahlawan terdahulu. Kita pertahankan kemerdekaan Indonesia dengan cara positif dan tentunya membanggakan negara.


Di tengah riuhnya euphoria menjelang hari ulang tahun Indonesia, rasanya dada saya masih terasa sesak dan sakit. Menyaksikan saudara muslim kita masih harus berjuang dengan gempuran bom dan tembakan yang setiap hari didengar. Semakin ingin marah karena banyak anak-anak tidak berdosa menjadi korban kekejian pertikaian negara.

Kesedihan yang dirasakan rakyat Palestina tentunya menjadi kesedihan juga untuk saya pribadi. Gak pernah terbayangkan perasaan setiap warga sipil disana yang harus melawan rasa takut setiap hari. Suara dentuman bom dan tembakan seakan menjadi tidak asing bagi mereka. Calon penghuni surga sesungguhnya.

Pernah suatu hari, ketika perayaan malam tahun baru 2024 lalu, suara dentuman kembang api kadang membuat jantung saya degdegan parah. Seketika juga saya terbayang wajah-wajah masyarakat Palestina yang harus mendengar dentuman seperti itu setiap hari, bukan karna keriuhan suka cita, tapi dentuman bom yang diiringi dengan teriakan dan tangisan.

Sebenarnya Palestina dan Indonesia memiliki hubungan persahabatan yang cukup baik. Bahkan Palestina merupakan negara pertama yang telah mengakui kemerdekaan Indonesia bahkan sebelum proklamasi Indonesia merdeka. Mereka adalah negara pertama yang mengakui Indonesia sebagai negara yang merdeka secara de facto pada tanggal 6 September 1944. Dan pengakuan tersebut disebarluaskan ke seluruh dunia oleh seorang mufti besar Palestina yang bernama Syekh Muhammad Amin Al-Husaini.


Tragedi genosida yang terjadi pada tanggal 7 Oktober 2023 lalu di Palestina telah banyak memakan korban jiwa dan luka-luka. Kekejian atas penjajahan yang dilakukan bahkan sudah tidak memandang wanita atau anak-anak. Menurut saya serangan yang diberikan kepada Palestina sudah tidak berperikemanusiaan, karna berdasarkan data per tanggal 27 Juni 2024, sudah banyak korban jiwa dan kerusakan yang ditimbulkan.

Terdapat 37. 084 korban jiwa di Palestina yang dimana 70% dari angka tersebut merupakan wanita dan anak-anak. Sungguh menyakitkan ketika harus menyaksikan orang-orang tidak berdosa menjadi korban atas penjajahan suatu negara. Selain itu, 84.494 orang mengalami luka-luka dan 8.000 orang dinyatakan hilang.

231 titik pengungsian, telah ditinggali oleh sekitar 2.000.000 orang penduduk karena sebanyak 370.000 unit rumah di sana hancur akibat serangan bom udara.


Kenapa saya bilang perang ini sudah tidak berperikemanusiaan ? Karna berdasarkan data tersebut juga nyatanya 30 rumah sakit dan 110 layanan kesehatan mengalami kerusakan berat. Padahal rumah sakit dan layanan umum adalah tempat yang dilarang untuk dilakukan penyerangan. Serangan-serangan yang dilakukan selama kurang lebih 9 bulan ini banyak mengakibatkan 292 unit masjid dan 280 unit sekolah di Palestina hancur. Kebayang kan bagaimana mencekamnya kondisi disana. Sungguh orang-orang pilihan yang Allah siapkan untuk tinggal di negara ini.

Mendengar, melihat dan merasakan kesedihan saudara kita di Palestina tentunya menjadi semangat bagi kita untuk terus menyuarakan kalo Palestina pun berhak merdeka. Beberapa aksi yang dapat kita lakukan untuk terus memperjuangkan kemerdekaan Palestina seperti :

Tetap Berisik di Media Sosial

Media sosial merupakan wadah yang dapat kita manfaatkan untuk menyebarkan informasi positif secara instan. Kita dapat terus menyuarakan aksi untuk kemerdekaan Palestina melalui sosial media yang sering digunakan. Contohnya kita dapat membuat konten positif dalam mendukung setiap perjuangan saudara kita di Palestina, bisa dengan membuat sebuah hashtag yang akan menarik perhatian pengguna sosial media lainnya seperti #LoveForPalestine atau #FreePalestine. Semoga dengan cara ini kita bisa saling memberikan informasi terupdate atas kondisi Palestina dan bisa dengan sigap memberikan bantuan terbaik bagi saudara-saudara kita disana.

Boikot Produk yang Terafiliasi dengan Aksi Genosida

Beberapa bulan terakhir ini sudah banyak media yang menginformasikan beberapa produk yang terbukti terafiliasi dengan aksi genosida di Palestina. Mereka dengan terang-terangan mendukung dan mensponsori kebutuhan senjata. Boikot merupakan salah satu cara kita untuk mencegah terjadinya aksi genosida berlanjut. Dengan boikot diharapkan beberapa produk ini bisa menghentikan dukungannya terhadap negara penjajah tersebut.

Ikut Aksi Damai

Banyak hal yang sudah kita usahakan untuk bisa menyuarakan perdamaian di Palestina dan Israel. Bahkan beberapa kelompok dan organisasi di Indonesia pun tak pernah absen dengan aksi damai ini. Kita semua pasti mengharapkan yang terbaik untuk Palestina. Dan harapan utama kita terjadinya perdamaian yang dapat menghentikan semakin banyaknya korban dalam genosida ini.

Mendoakan Selalu Saudara Kita di Palestina

Cara selanjutnya bentuk dukungan terhadap Palestina, kita bisa kirimkan selalu doa terbaik untuk saudara kita di sana. Tidak ada suatu hal yang terjadi atas ijin Allah SWT. Ketika Allah menakdirkan mereka sebagai orang-orang pilihan, pasti ada alasan terbaik dibaliknya. Yuk kita sempatkan mendoakan mereka kapanpun dan dimanapun.

Kirim Bantuan Semampunya

Dari beberapa fakta sebelumnya, kita bisa lihat sudah banyak korban jiwa dan luka-luka atas aksi genosida di Palestina. Dukungan terhadap mereka tentunya bisa kita berikan berupa moril maupun materil. Banyak anak-anak kelaparan, kehilangan tempat tinggal, kurangnya obat-obatan dan tenaga kesehatan, tentu membuat hati kita semua teriris. Untuk mengurangi sedikit penderitaan saudara kita disana, aksi yang dapat kita lakukan yaitu dengan mengirimkan bantuan semampunya.


Menjelang hari kemerdekaan Indonesia yang ke 79 ini, Rumah Zakat meluncurkan gerakan #LoveForPalestine yang merupakan upaya untuk terus menyuarakan kemerdekaan Palestina. Gerakan ini juga berupaya untuk mendistribusikan bantuan untuk masyarakat di Gaza dengan berkolaborasi bersama banyak pihak. Kolaborasi ini sudah diikuti oleh 70.000 donatur perorangan dan 226 Mitra Korporat dan Komunitas.

Indonesia melalui Rumah Zakat, telah menyalurkan beberapa bantuan untuk Palestina yang dimana telah diterima oleh 725.463 penerima manfaat di Palestina. Beberapa lokasi penyaluran bantuan ini yaitu Arrimal School, Att’aabiin, Deir Al Balah, Gaza Selatan, Jabaliya Camp, Khan Younis, Omar Al Mokhtar, RS Al Khidmah, RS Darusalam, dan Yarmouk.


Bantuan ini pun disalurkan dalam beberapa kategori, seperti Ambulance, Makanan, Logistik, Qurban, Ramadhan dan Air Bersih. Dimana jumlah dana yang telah disalurkan oleh rumah zakat untuk Palestina kurang lebih sebesar 30,5 Miliar rupiah.

Gerakan ini tentunya masih terus berlanjut, bahkan rencana pendistribusian bantuan kemanusiaan palestina hingga bulan November 2024 sudah terdata dengan rincian berupa makanan siap saji sebanyak 72.000 paket, pakaian dan selimut sebanyak 600 pcs, Food basket sebanyak 1.000 paket, tangka air bersih sebanyak 2.000 unit dan waterwall di 16 titik.


Satu hal yang perlu kita yakini, suara dan bantuan kita terhadap Palestina bukan karna merasa kasihan dengan masyarakat disana, karna sejatinya mereka tidak membutuhkan itu. Mereka adalah calon orang-orang penghuni surga yang sudah Allah SWT pilih karna mereka mampu atas ujian ini. Namun kita peduli Palestina karna kita mencintai tanah yang telah diberkahi oleh Allah SWT.

Palestina adalah tanah dimana Masjidil Aqsa yang suci berada disana. Masjid yang menjadi kiblat pertama orang muslim, dan namanya pun selalu disebut dalam Al-Quran.

Semoga dengan kita terus menyuarakan kemerdekaan untuk Palestina, Allah SWT mudahkan selalu jalan untuk kemerdekaan itu. Karna Palestina juga berhak merdeka. #LoveForPalestine.



Wassalam,



Firda Winandini

22 komentar:

  1. Aku selalu sedih ngebayangin muka2 anak kecil yg lagi asik main tbtb ketakutan denger suara tetap berisik dan boikot,

    BalasHapus
  2. Paling g sanggup kalo udh denger berita ttg Palestina, InsyaAllah From The River to The Sea, Palestine Will be Free Aamiinn

    BalasHapus
  3. Kdg aku sampe udah ga tega liat gambar2 ttg gaza 😭. Terlalu speechless Ama kekejaman negara delusi satu itu. Kalo bo.ikot Alhamdulillah udh ga pake beberapa produk yg memang terafiliasi. Paling cuma beberapa yg aku msh pake Krn memang tidak menemukan alternatif yg sama bagusnya. Tp kalo makanan2 franchise itu, ga pernah lagi mau datangin. Semoga nantinya Palestine bisa benar2 merdeka yaa

    BalasHapus
  4. Selalu miris dan gak kuat nahan air mata kala. Mendengar atau melihat di Medsos kabar Palestina yang dibombardir. Meskipun tidak bisa membantu secara langsung, ternyata ada banyak cara buat kita bisa membantu masyarakat Palestina

    BalasHapus
  5. Kalau lagi ada rejeki lebih memang paling bagus kita salurkan ke yang membutuhkan. Btw kayaknya boleh nih sharing-sharing link donasi terpercaya

    BalasHapus
  6. Insha Allah dengan doa seluruh umat Muslim di dunia dapat memperkuat keimanan rakyat di palestina. Sedih juga lihat anak-anak Palestina yang kehilangan orang tua dan keluarga

    BalasHapus
  7. Tiap liat atau baca berita tentang palestina itu berasanya sedih banget pasti ngebayangin mereka sehari2 hidup dalam kecemasana,,,semoga perang ini segera berakhir dan Paestina kembali mendapatkan apa haknya

    BalasHapus
  8. Ini bukan perang lagi, karena menyasar anak-anak dan yang gak bersenjata huhuhu
    Semoga segera merdeka

    BalasHapus
  9. Ini bukan perang lagi, karena menyasar anak-anak dan yang gak bersenjata huhuhu
    Semoga segera merdeka

    BalasHapus
  10. Miris melihat kondisi Palestina yang terjajah di negara sendiri, Palestina akan bebas suatu hari nanti, Palestina will be Free

    BalasHapus
  11. Bener banget banyak cara kita menyerukan tentang Palestina, bisa lewat infak sedekah dan boikot produk terafiliasi, thanks ka untuk infonya

    BalasHapus
  12. yang paling sering itu ga berhenti speak up di social media terutama tiktok, instagram dan twitter..
    aku juga udah ga beli produk yang terafiliasi lagi, inshaallah palestine will be free! AMIN

    BalasHapus
  13. Turut sedih juga dengan apa yang terjadi di Palestina. Hanya bisa mendoakan semoga negara Palestina tetap berdiri kokoh. Sebagai warga Indonesia merasa bangga dengan Palestina sebagai negara pertama yang mengakui Indonesia merdeka secara de facto.

    BalasHapus
  14. Banyak cara untuk ikut berpartisipasi dukung dalam Palestina merdeka selain aksi damai bisa juga dengan mendoakan dan sedikit berdonasi semampunya

    BalasHapus
  15. Beberapa sudah saya lakukan dan mungkin tidak bergitu terlihat tetapi saya yakin berimpek untuk Palestina kalau dilakukan secara terus menerus dan secara bersama-sama, dan mari kita berdoa terus untuk kemerdekaan Palestina

    BalasHapus
  16. Semoga nanti ada saatnya mereka yang dipalestine menang ya kak. Dan semakin banyak juga yang peduli sama mereka. Pokoknya apapun yang bisa kita lakukan, maka lakukanlah salah satunya tetap berisik disosmed dan boikot produk pendukung genosida itu.

    BalasHapus
  17. Sedih kalo bicara soal Palestina. Perang dalam waktu yang panjang seperti nggak ada habisnya. Kita belum tentu kuat kalo berada di posisi mereka.

    BalasHapus
  18. suka sedih kalau liat saudara di palestina harus berjuang setiap hari dari serangan iswiril. Semoga mereka disana selalu dikuatkan untuk terus berjuang. Aamiin ya Allah

    BalasHapus
  19. Doa yang terbaik buat Palestina, selalu sedih dan kebayang wajah anak dan keluarga disana

    BalasHapus
  20. Keren nih inisiatif rumah zakat buat membantu palestina. Jadi bikin semua orang bisa berkontribusi semampunya untuk menjadi donator membantu palestina.

    BalasHapus
  21. Boikot terus jangan kasih kendor. Tiap lihat berita di Palestina bukan gamau peduli tp terkadang udah ngeri. Ya Allah mudahkanlah jalan saudara - saudaraku di Palestina untuk merdeka. Aamiin

    BalasHapus
  22. Aku selalu percaya kalau Palestina akan menang karena memang sudah tertulis di AlQuran untuk kemenangan Palestina

    BalasHapus

Terima Kasih sudah membaca :) Silahkan berkomentar dengan sopan hehe :)